Tuesday, October 23, 2012

Zeus - George O'Connor

Secara gambar karya O'Connor ini biasa biasa saja, namun pilihan-nya untuk membuat serial komik Olympians ini menarik juga, O'Connor membuat paling tidak lima seri Olympians yaitu Zeus, Athena, Hera, Poseidon dan Hades. Dalam review kali ini saya hanya membahas Zeus, bukan karena ini yang paling layak dibuat review, melainkan cuma ini karya O'Connor yang saya miliki.

Garis2 O'Connor patah2 dan tidak lembut, bidang-nya juga banyak yang dibiarkan kosong begitu saja, untung ini komik berwarna, jika saja hitam putih akan terasa sekali kesenyapan dalam karya O'Connor ini.  Sepertinya O'Connor masih memiliki keterbatasan kreatifitas dalam membuat komik.



Kembali ke cerita Zeus, banyak orang tidak sadar kalau dia sebenarnya cukup akrab dengan legenda ini, kalau tidak percaya coba saja nama seperti Uranus, Oceanus, Kronos, Phoebe, Hyperion, Eos, Atlas, Helios, Hermes, Athena, Poseidon, Apollo, Aphrodite, dll. Nama tersebut mungkin kita kenal sebagai merk mobil, produk IT, nama pesawat, nama kapal, dll. O'Connor membuat silsilah di bagian belakang agar orang tidak kebingungan.

Secara cerita kalau kita bandingkan dengan kehidupan normal cerita mengenai Legenda Yunani ini agak sedikit abnormal, misal sebagai awal mula digambarkan Gaea menikah dengan ciptaan-nya sendiri. Kronos membunuh anak2nya dengan menelan-nya hidup2, sebaliknya Zeus berusaha membunuh ayahnya-nya alias Kronos. Zeus juga menikahi sepupu (Leto), saudara kandung (Hera), atau bahkan buyut-nya (Semele), dll. Hemm cukup absurd kan ? namun tetap menarik untuk memahami bagaimana legenda ini sebenarnya.




No comments: