Wednesday, December 31, 2014

Petualangan Mengelilingi Jawa Part #3 dari 14 : Brebes, Tegal, Pemalang dan Wisata Batik di Pekalongan


Lalu kami lanjutkan perjalanan melalui Brebes  setelah menempuh sekitar 66 km kami belanja Telor asin dan Wingko khas Brebes yang ternyata berbeda dengan Wingko Semarang, Wingko Brebes sepertinya membutuhkan gigi yang lebih kuat karena sangat keras. 




Lalu kami istirahat di SPBU yang masuk rekor MURI dengan 67 Toilet + 40 Toilet (SPBU MURI 44.521.08), tidak tanggung-tanggung SPBU unik ini juga memiliki kolam renang dan penyewaan matras tidur. Referensi mengenai ini kami dapat dari komik Benny Rachmadi juga. 




Dengan semangat baru kami menuju Pemalang menempuh 44 km atau sekitar satu jam dan menjelang sore sampai di Pekalongan setelah menempuh 50 km berikutnya dari Pemalang. Kami berhenti di IBC (International Batik Center) Pekalongan untuk wisata Batik. Batik disini terlihat lebih berkualitas dari Trusmi-Cirebon, dan pilihannya jauh lebih banyak, namun harganya juga lebih mahal. Saya sempat tertarik dengan salah satu model dan mundur teratur setelah mengetahui harganya ternyata jutaan. Di kantin bagian depan kami menikmati berbagai penganan  seperti Mendoan Pekalongan, sayangnya Nasi Rawon nya kurang mantap, meski secara harga makanan disini sangat murah. 




Makan tempe mendoan disini mengingatkan saya akan seorang teman saat kerja di Pusat Komputer ITB, yang sempat kuliah di Matematika ITB, dan memang asli asal Pemalang, dan hobi berat makan mendoan.  Saya ingat dia pernah cerita salah satu keahlian ayahnya adalah memperbaiki jaring rusak, yang memang merupakan profesi umum di kalangan masayarakat nelayan.

Silahkan ke link berikutnya http://hipohan.blogspot.com/2014/12/petualangan-mengelilingi-jawa-part-4-of.html

No comments: