Wednesday, April 03, 2013

Beyond The Inspiration - Felix Y. Siauw

Baru saja menamatkan buku Mehmed II vs Dracula, saya lanjutkan dengan karangan Felix Y. Siauw yang sepertinya pengagum berat Mehmed II, namun Felix memilih menggunakan nama Muhammad Al Fatih, dan sah2 saja karena memang itulah julukan lain Mehmed II, nama  yang biasa dipakai di Turki. Tidak tanggung2 dua dari tiga anak-nya juga menyandang nama yang sama bahkan sekalian dengan tahun penaklukan Konstantinopel (kini Istanbul).

Apa sih yang disorot Felix, dari halaman belakang tertulis dalam buku ini sbb (dengan sedikit modifikasi);



Imperium Persia terbentang seluas 7,4 juta km2 di sebelah timur dengan peradaban yang telah dibangun selama 1173 tahun. Sementara di sebelah barat terbantung imperium Romawi seluas 5 jt km2 yang telah dibangun selama 650 tahun. Di antara keduanya muncul peradaban baru yang membebaskan diri dari kedua imperium dan peradaban tadi.

Pada 651 Imperium Persia dibebaskan dan menyusul Imperium Romawi pada 1453. Lalu peradaban baru ini menyatukan kedua-nya hingga mencapai luas wilayah 20 jt km2 dan memberikan kesejahteraan melebihi kedua Imperium sebelumnya.

Mengapa peradaban baru ini dapat menjadi inspirasi dan memberikan motivasi yang menjadikan pengikutnya bersemangat membara dan sekaligus berhati mulia, dan kenapa sekarang justru sekarang bagaikan buih di lautan, banyak namun tidak berarti ?

Nah "kenapa" inilah yang menjadi tema utama Felix yang juga mendesain sendiri cover buku ini (dengan gambar menohok, panji  di pucuk menara Pisa), dan beliau menyadarkan kita untuk meraihnya kembali sekarang dan dimulai dengan diri sendiri.

Felix tidak tanggung2 dalam buku ini, menggandeng nama tokoh2 seperti Rokhmin Dahuri, Ahmad Mansyur Suryanegara, Salman Iskandar dan Alwi Alatas, sudah menunjukkan kaliber Felix. Plus kalimat2nya yang mengalir lancar dan disertai contoh2 praktis. Hemm sebuah buku yang lagi2 membuka pintu kesadaran.

No comments: