Wednesday, April 24, 2013

Lagu Misteri

Saat senang2nya musik jazz, saya menikmati sekali album Pat Metheny tahun 1992 "Secret Story", saat album berikutnya dirilis tahun 1994 "Zero Tolerance for Silence" tanpa banyak pikir langsung saja saya sambar. Wuaduh ternyata musik-nya bener2 seperti orang nyetem gitar listrik dari awal sd akhir. Saat itu saya benar2 tidak habis pikir salah satu raja solo jazz, yang dikenal dengan kemampuan-nya berlama lama improvisasi ini kok malah bikin album eksperimental seperti ini ya.

Namun ternyata memang ada kecenderungan musik2 tertentu mengkepresikan kegilaan atau paling tidak mengaktifkan tombol kegilaan dalam jiwa pendengar-nya. Bagi yang masih ingat psikopat pembunuh  di pulau Utoya, ternyata Anders Behring Breivik yang berasal dari Norwegia, saat melontarkan ratusan timah panas dari berbagai senjata otomatisnya menggunakan headphone yang dia gunakan untuk mendengar Clint Mansell, track Lux Aeterna. Saat saya mendengar karya Mansell ini memang saya merasakan seakan akan ada semangat aneh yang keluar dari lagu ini dan mungkin menekan tombol "kegilaan" dalam diri Breivik. Jika penasaran dengan track ini silahkan cek ke youtube.

Suatu hari di salah satu TV swasta dibahas juga beberapa track misterius dan berefek buruk bagi pendengarnya misalnya

Gloomy Sunday - Rezso Seress
Karya ini sempat diduga memicu bunuh diri masal dan dan saking banyaknya kejadian, lagu ini sempat dilarang di Hungaria, ironisnya setelah lama "hilang" orang yang mencoba yang merekam ulang malah ikut bunuh diri. Lagu ini juga memiliki julukan "Hungarian Suicide Song" dan dipublikasikan pertama kali di 1933, lalu direkam 1935 dan direkam lagi dalam versi Inggris di 1936. Tak jelas kenapa lagu ini begitu muram, namun situasi saat ditulis, adalah era yang dikenal dengan "Great Depression" sedang berlangsung. Sejumlah orang diketahui bahkan terjun bunuh diri ke sungai Danube sambil menggenggam salinan lagu ini.

Suicide Solution - Ozzy Osbourne.
Sebenar-nya sih yang tercatat cuma satu remaja diduga bunuh diri dan sempat menimbulkan masalah bagi Ozzy, IMO kalau secara statistik cuma satu, semestinya lagu ini belum bisa dianggap sebagai pemicu bunuh diri, karena rekornya jelas jauh dibawah Gloomy Sunday.

Reverse - Karl Meyer

Nah yang ini memang mengerikan, mendengarnya beberapa detik saja sudah bikin detakan jantung saya tidak normal. Saat diputar dengan volume keras ternyata 2 jam saja sudah bikin gila. Niat awalnya memang untuk interogasi, namun dampaknya lebih serius. Sangat disarankan untuk tidak mendengar karya ini. Saat mendengar, memang ada suara2 seperti rintihan yang rada2 menyeramkan dalam lagu ini. 

Umbrella - Rihanna
Rihanna yang sering dikaitkan dengan Illuminati, karena misalnya pose di videoklip-nya menggambarkan sosok dewa kambing dan konon sengaja dibuat untuk mengirim "subliminal message". Lagu ini  kabarnya memang membuat badai di Inggris dan Irlandia, saat di top chart. Sebelum naik ke puncak dan dan setelah turun dari top chart anehnya cuaca baik2 saja. Meski terdengar aneh, sebenarnya ada banyak orang percaya bahwa simulasi HAARP (High-frequency Active Auroral Research) bisa saja dilakukan saat lagu ini ada di top chart. 

Hotel California - Eagles
Syair lagu ini memang ajaib, saat saya menyenandungkan lagu ini memang terasa kalau syair-nya bener2 berbeda. Suasana Hotel California yang lebih mirip tempat yang menjadi perangkap dan jebakan terasa sekali. Susana hotel yang digambarkan memiliki cermin di langit2 kamar, pegawainya menggunakan lilin saat mengantar tamu ke kamar, nyanyian di tengah malam. Juga misteri tentang siapa The Beast yang dimaksud dalam lirik-nya. Beberapa tuduhan bahwa lokasi ini menggambarkan suasana RSJ Camarillo State Hospital dibantah keras oleh Don Henley. Namun yang jelas solo gitar dalam lagu ini memang indah sekali, bergantian dengan melodi yang menyayat dan beberapa part dibawakan dengan gaya slide guitar (Joe Walsh dan Don Helder). Hal aneh lainnya juga adalah lagu ini boleh dibilang sangat berbeda dengan lagu2 lain-nya Eagles yang justru agak berbau country-rock.

Bukan itu saja lirik "1969" diduga ada kaitan-nya dengan lahirnya Gereja Setan di California. Belum lagi salah satu gambar bagian dalam ada sosok mirip Anton La Vey (yang dikenal sebagai pendiri Gereja Setan) di balkon. Namun menurut informasi lain itu adalah sosok wanita yang memang dibayar untuk "nampang" di balkon hotel. 

Asereje - Las Ketchup
Lagu ini diduga mantra setan, karena orang Spanyol sendiri konon kabarnya malah tidak tahu artinya. Nah kalau yang ini saya tidak bisa komentar, menurut saya lagu ini terkenal bukan cuma karena nada-nya melainkan karena satu paket dengan tarian-nya. Sebenarnya sih saya kira rumusan-nya mirip dengan Gangnam Style-nya PSY.

Ada sih yang meragukan soal ini, ya kalau memang masih ragu silahkan unduh karya Karl Meyer, atau anda bisa cek di link http://www.youtube.com/watch?v=S8IBkqDEqh8 , keraskan volume, nikmati lebih dari dua jam (namun kalau anda ingin saran saya, sebaiknya sih jangan lakukan).

No comments: