Tuesday, April 30, 2013

20.000 Leagues Under The Sea - Jules Verne

Sejak kecil saya sudah membaca komik Jules Verne khususnya yang ini namun baru skr ini berkesempatan membaca-nya, dan ternyata cukup mengagetkan tebal-nya, serta sangat detail cerita-nya. Saat saya kecil komik-nya saya temukan dalam kliping majalah/koran koleksi ayah, dan saya sangat terkesan dengan sosok Kapten Nemo, serta akhir tragis dari cerita Verne.

Dalam buku yang dipublikasikan di 1870 ini Verne  menunjukkan pengetahuan-nya soal geografi, soal berbagai jenis kapal dan pengetahuan kelautan termasuk dampak tekanan di laut dalam, jurang dasar laut, jenis2 samudera, dll.  Bukan cuma itu, salah satu bagian paling menarik adalah perkembangan psikologis Kapten Nemo, yang menunjukkan Verne bahkan juga memahami soal kejiwaaan dengan baik.

Kisah-nya sendiri bermula di tahun 1866 saat terjadi penampakan di berbagai samudera mahluk raksasa hitam, yang diduga menyerang beberapa kapal. Pada awalnya para ahli menduga bahwa mahluk itu merupakan sejenis Narwhal. Lalu diputuskan untuk mengirim Fregat Penyerang Abraham Lincoln, dan dari sinilah kisah petualangan tersebut dimulai.

Cara penulisan Verne sendiri mengingatkan saya akan Conan Doyle, terkesan sangat realistis, detail, dan sistematis. Hemm tak aneh buku ini salah satu yang terbaik dan layak menjadi legenda.

No comments: