Monday, April 01, 2013

Mahatma Gandhi tentang Muhammad SAW *

Mahatma Gandhi adalah tokoh kemerdekaan India dari Inggris dengan gerakan anti kekerasan. Pergerakannya ini memberikan insipirasi kepada rakyat di koloni-koloni lain untuk memperjuangkan kemerdekaannya. Karena ajaran Gandhi tentang 'ahimsa' (non-kekerasan), Inggris dan India melaksanakan pengalihan kekuasaan secara paling bersahabat dari si penjajah kepada yang terjajah dalam sejarah.

Tentang Muhammad SAW, Gandhi berujar:

“Pernah saya bertanya-tanya siapakah tokoh yang paling mempengaruhi manusia. Saya lebih dari yakin bahwa bukan pedanglah yang memberikan kebesaran pada Islam pada masanya. Tapi ia datang dari kesederhanaan, kebersahajaan, kehati-hatian Muhammad; serta pengabdian luar biasa kepada teman dan pengikutnya, tekadnya, keberaniannya, serta keyakinannya pada Tuhan dan tugasnya. Semua ini (dan bukan pedang) menyingkirkan segala halangan. Ketika saya menutup halaman terakhir volume 2 (buku biografi Muhammad), saya sedih karena tiada lagi cerita yang tersisa dari hidupnya yang agung."

Catatan penulis
Saat saya membaca buku karya Martin Lings (Abu Bakr Siraj Ad-Din) tentang Muhammad SAW yang berjudul "Muhammad: His Life Based On The Earliest Sources", semakin mendekati akhir buku, semakin sedih perasaan saya, seakan akan beliau baru saja hidup diantara umat-nya dan pergi untuk selama-lamanya.

* Dikutip dari artikel Detik saat ramadhan 2012

No comments: