Saturday, April 06, 2013

How To Master Your Habits - Felix Y. Siauw

Tertarik dengan tulisan Felix Y. Siauw dalam Beyond The Inspiration, saya memutuskan membeli lagi dua buah karya-nya, yaitu How To Master Your Habits (HTMYH) dan Muhammad Al Fatih 1453 (MAF). Tulisan Felix unik, sangat lugas, hitam putih, sekaligus mengekspresikan watak-nya yang lurus dan tanpa keraguan sama sekali.

Jika dilihat dari daftar pustaka agaknya Felix terinspirasi dari Malcolm Gladwell yang pernah memberikan batasan jumlah jam untuk berlatih untuk dapat menjadi master dalam keahlian tertentu. Namun Felix menambahkan bagaimana membentuk "habits" sebagai cara untuk mengubah diri kita terlebih dahulu.



Hal paling penting adalah dimulai dengan pertanyaan, kenapa seseorang bisa begitu sukses sementara yang lain tidak, tentu saja karena sukses tersebut diperoleh melalui keahlian. Nah bagaimana kita bisa menjadi ahli ?  untuk itu diperlukan dua hal yaitu berlatih (practice) dan pengulangan (repetition). Bagi Felix practice dan repetition adalah orang tua kandung dari keahlian, dan keahlian adalah jalan untuk menjadi sukses.

Nah bagaimana dengan motivasi ? Bagi Felix ternyata unsur motivasi tidaklah sebesar yang didengung2kan banyak orang untuk meraih sukses, namun hanya rata2 11% atau maksimal 35%.

Felix membuat satu bab khusus, seakan habits, mahluk yang mengajak pembaca berkenalan sbb;

Nama saya habits, dan saya selalu mendampingi anda. Saya adalah pelayan anda yang paling rajin, atau beban anda yang paling berat. Saya akan mendorong anda maju, atau menarik anda jatuh ke dalam jurang kegagalan.

Saya adalah pelayan bagi semua orang hebat, dan apa boleh buat, juga bagi orang2 yang gagal. Mereka yang gagal, saya yang membuat mereka gagal.

Saya punya kekuatan yang tidak bisa dibayangkan kecuali oleh orang2 yang layak. Sayangnya kekuatan saya bukan hanya untuk membangun, namun bisa  juga untuk menghancurkan anda.
Saya bukan mesin, sekalipun saya bekerja dengan presisi sebuah mesin ditambah kecerdasan manusia.

Anda mau mendayagunakan saya dan mendapatkan keuntungan, atau memanfaatkan saya untuk kehancuran maka hal itu tidak ada bedanya bagi saya.

Perhatikan saya, latih saya, tegaslah terhadap saya dan saya akan meletakkan dunia dibawah kaki anda. Anggap enteng saya dan saya akan menghancurkan anda. Saya sepenuhnya ada dalam kendali anda.

Lebih dari 90% dari apa yang anda lakukan mungkin akan anda serahkan pada saya, dan saya akan melakukan-nya dengan cepat dan tepat.

Saya mudah diarahkan, dan anda hanya perlu tegas terhadap saya. Tunjukkan bagaimana tepatnya anda ingin sesuatu dikerjakan, dan setelah beberapa pengulangan saya akan melakukan-nya secara otomatis.

Hemm buku yang menarik, disamping itu, sebuah bab lain yang menarik adalah "Just Kill The Excuse" dimana Felix membahas dua karakter Pesimus, dan Optimus, ketika berjualan pakaian di negeri telanjang, ketika berada di traffic jam, ketika menghadapi vonis penyakit mematikan, ketika datang terlambat, dll. Ini mengingatkan saya bagaimana tipe2 orang seperti ini melihat air setengah gelas.

Secara umum buku ini sangat baik, karena contoh yang diberikan cukup banyak, dan merupakan contoh praktis sehingga mudah memberikan pemahaman pada pembaca sekaligus mudah dipraktekkan. Salah satu habits, yang diangkat Felix misalnya menulis saat dini hari sekitar 1 jam, dan dengan cara itu Felix sudah membuat 3 buah buku dalam waktu yang relatif singkat. Felix juga mengenalkan trik yaitu menempelkan habits baru ke habits lainnya yang sudah terbentuk sehingga memudahkan kita untuk lebih baik lagi dibanding sebelumnya.

Uniknya adalah entah disengaja atau tidak, saya tidak menemukan daftar isi dalam buku ini.

No comments: