Saturday, September 15, 2012

Kubah - Ahmad Tohari

Kapten Somad berkata “Sebelum datang kematian, setiap orang akan mengalami satu diantara tiga cobaan; sulit mendapatkan rezeki, kesehatan yang buruk, dan hilangnya orang2 terdekat. Yang kini sedang terjadi pada dirimu, saya kira, adalah gabungan ketiga cobaan hidup itu. Luar biasa memang. Namun apabila kamu percaya dan berserah diri kepada Tuhan, maka jalan keluar selalu tersedia”. Ini kutipan dari halaman 27, dialog antara Kapten Somad pada Karman, saat Karman akan meninggalkan penjara setelah 12 tahun terasing di Pulau Buru sebagai  tahanan politik. Sangat mengena dan menyadarkan sekaligus menampar Karman yang sempat atheis karena pengaruh partai yang dia ikuti, tak aneh rasanya jika karya ini mendapatkan penghargaan sebagai novel terbaik 1981 dari Yayasan Buku Utama Kementrian P&K, dan bahkan sudah diterbitkan dalam bahasa Jepang.



Bagaimana Ahmad Tohari menggambarkan keterasingan Karman saat menjelajahi dunia di luar penjara, juga menarik sbb; Karman berdiri dan kembali termangu, merasa terasing seperti benda langit yang baru sedetik jatuh ke bumi. Benar2 ungkapan yang sangat menarik, dan kena. Karya Ahmad Tohari dari dulu memang bagaikan magnet bagi saya, dia seakan muncul dan tiba2, serta langsung menjadi salah satu sastrawan papan atas dalam dunia sastra Indonesia.

Membaca penderitaan Karman seperti dipenjara, dalam keadaan sakit, istrinya yang cantik menikah kembali dengan lelaki lain, anak lelaki-nya menumpang di rumah saudara, anak bungsu-nya meninggal, dan kebingungan yang dia alami kembali ke dunia di luar penjara tanpa tahu harus berbuat apa, mengingatkan saya akan Pramoedya Ananta Toer. Tetapi memang sekali dua putusan yang salah di masa muda akan memberikan dampak yang terus menerus dalam hidup seseorang. Persis seperti moral of the story-nya komik Rose yang baru saja saya tamatkan.

Buku yang saya rekomendasikan untuk dibaca, dan dikoleksi mumpung Gramedia tiba2 merilis buku yang dulunya memang pernah diterbitkan tahun 1995, lalu 2001 dan 2005 dan mendadak muncul lagi di 2012.

No comments: