Monday, February 18, 2013

Manajemen Gotong Royong #4a : Sumber Dana - Partai Politik

Pengantar : Tulisan ini merupakan satu dari sekian tulisan almarhum Ayah saya Saiful Parmuhunan Pohan, yang telah berpulang di bulan Juli tahun 2002, namun tulisan-nya yang mengalir, dan penuh dengan ide masih sangat relevan dengan kekinian. Saya dedikasikan bagi almarhum semoga bermanfaat bagi kita yang masih hidup dan menjadi amal baik bagi-nya di alam sana. Untuk bahasan kali ini adalah mengenai manajemen gotong royong yang terdiri dari 7 bagian, yaitu pengantar, makna, contoh, sumber dana, administrasi dana, promosi serta penutup dan terdiri dari 16 tulisan.

Tiba saatnya memasuki bagian yang paling menggairahkan dalam pemikiran  ini : darimana uang diperoleh. Perlu dicatat bahwa uang yang diperoleh dari suatu kelompok seharusnya diperuntukkan untuk kelompok itu dengan catatan si kuat membantu si lemah, si kaya menolong si miskin, si lebih-lapar diprioritaska dari si kurang-lapar. Berbagai bentuk gotong-royong itu kita bicarakan beberapa diantaranya.

Jumlah mereka kurang lebih 70 juta. Golkar mengklaim bahwa anggotanya sebanyak 34 juta. Sisanya 36 juta adalah anggota kedua parpol lainnya. Hampir seluruh anggota itu tidak membayar iuran dan jarang yang memiliki kartu anggota. Bila kartu anggota ditetapkan sebesar lima ribu rupiah jumlah uang yang dapat dikumpulkan adalah Rp. 350.000.000.000,-. Selain itu, iuran seratus rupiah per bulan atau katakanlah seribu per tahun akan menghasilkan......Rp. 70.000.000.000,- per tahun.

No comments: