Wednesday, February 06, 2013

Behind Enemy Lines (2001) - John Moore

Karena sedang tidak enak badan beberapa hari ini, malam rabu, saya memutuskan untuk nonton tv saja, eh ternyata sedang di putar BEL yang dibuat tahun 2001, melihat nama sekaliber Gene Hackman membuat saya tertarik untuk menyantap film ini.

Ceritanya menarik, yaitu mengenai petualangan seorang pilot AL bernama Burnett yang diperankan Owen Wilson, dari kapal induk USS Carl Vinson yang pesawat-nya F 18 Hornet, ditembak jatuh oleh milisi Serbia di Miclovic, selatan Bosnia. Ironisnya hal ini terjadi justru dua minggu sebelum rencana penarikan pasukan. Adegan kejar2an misil menghantam Hornet digambarkan dengan menegangkan.

Sebelum-nya Burnett yang berpengalaman lebih dari 7 tahun, memang uring2an karena merasa sebagai tentara, tugas yang diberikan di Bosnia lebih sebagai polisi/pengawas zona damai. Akhirnya dia mendapatkan apa yang diinginkan sekaligus kesulitan  saat terjebak di belakang garis musuh dan diburu seperti binatang.



Dibawah tekanan Piquet, komandan NATO, Gene Hackman yang bertugas sebagai pimpinan di USS Carl Vinson alias Laksamana Reigart, kesulitan untuk menjalankan misi penyelamatan Burnett. Adegan saat dia dengan terpaksa mengatakan Burnett tak bisa dijemput sangat menarik. Meski sedih tak mampu menolak tekanan NATO dia memilih menyemangati Burnett dengan keras dan menginstruksikan ke zona aman. Karakter pemimpin yang memilih untuk menutupi kesedihan dan berusaha untuk selalu terlihat optimis ini lah yang diperankan Hackman dengan sangat baik.

Saat diburu, Burnett terpaksa menyebur di rawa penuh mayat korban muslim Bosnia akibat pembantaian milisi Serbia. Lalu melewati kawasan penuh ranjau di kawasan pabrik terlantar, membumbui film menarik ini. Adegan milisi Serbia menusuk mayat2 untuk memastikan Burnett tidak bersembunyi di situ cukup menegangkan. Juga terlihat bagaimana canggihnya teknologi Amerika dapat memantau peristiwa itu via satelit dengan sensor panas.

Setelah sebelum-nya konflik karena Reigart memutuskan menggunakan tekanan via jalur pers untuk memungkinkan dia melakukan operasi penyelamatan maka di saat2 genting lagi2 Piquet membuat ulah dengan mengganti pimpinan regu penyelamatan dengan orang kepercayaan-nya.
Putus asa karena, lagi2 tidak diselamatkan di lokasi yang disepakati meski telah mempertaruhkan nyawa-nya ke lokasi evakuasi, Burnett memutuskan untuk bertarung, berubah dari karyawan menjadi pengusaha ehh maksud saya dari buruan menjadi pemburu.

Diluar akting Hackman yang memang jaminan mutu, tadinya saya agak heran dengan pemilihan Owen Wilson, namun perlahan Wilson membuktikan dia layak memerankan Burnett, dan seperti biasa Amerika digambarkan begitu perkasa dan layak menjadi polisi dunia.



No comments: