Wednesday, February 20, 2013

The GE Way Fieldbook - Robert Slater


Hemm buku ini agak lain dibanding kebanyakan buku tentang keajaiban Jack Welch dalam membesarkan GE, karena buku ini lebih mirip dengan panduan pelaksanaan-nya.

Welch yang dinobatkan Times, Fortune, dan Business Week sebagai CEO terbaik Amerika ini menjadikan GE sebagai perusahaan paling sukses di akhir abad 20 dengan beberapa kunci, yaitu ;

Bisnis itu sederhana dan jangan buat menjadi rumit.
Hadapi kenyataan, dan jangan takut dengan perubahan.
Lawanlah birokrasi.
Jadilah tidak terbatas.
Carilah ide terbaik dan gunakan ide pekerja anda.
Ide tak harus selalu dari perusahaan namun juga dari luar perusahaan dan lalu laksanakan.

Buku ini juga memuat sejumlah kuesioner, lembar kerja, dan tahap2 untuk menjadikan gaya Welch sebagai pegangan.














Gaya Welch paling penting dalam buku ini adalah pendekatan yang dia jalankan pada SDM. Karena tanpa SDM yang baik, ide2 terbaik tak akan pernah bisa dijalankan. Welch menggunakan sebagian besar waktunya untuk memberi jalan bagi yang terbaik, menempatkan SDM yang baik namun tidak pada posisi yang pas ke pos2 yang lebih pas, dan menyingkirkan SDM yang tak bisa menjalankan nilai2 GE.

Disamping itu  Welch melakukan strategi restrukturisasi bisnis untuk fokus pada bisnis yang berada pada peringkat 1 dan 2 saja, menciutkan daftar gaji GE, memulai kebijakan PHK sehingga pegawai GE menjadi 229 ribu dari 404 ribu, menjual bisnis diluar peringkat 1 dan 2 senilai 12 milliar USD, membeli bisnis lain yang menguntungkan senilai 25 miliar USD,  memotong lapisan manajemen dari 8 sd 11 menjadi 4 sd 5 saja.

No comments: