Monday, August 27, 2012

Sebelas Patriot - Andrea Hirata

Tadinya saya berpikir buku ini sesuatu yang lain dari enam karya Andrea sebelumnya, dimana Andrea lebih banyak bercerita tentang sepotong kisah hidupnya, namun ternyata buku ini masih seputar kisah hidupnya juga. Tentu anda akan bertanya  lantas kenapa cuma sekitar 100 halaman ? jauh berbeda dengan buku2 Andrea yang lain, yah karena ini cuma fragmen kecil tentang sosok Ayah, Andrea (alias Ikal dalam buku2 sebelumnya) dan sepak bola.

Tetapi jangan pernah menganggap lantas buku ini tidak ada apa2nya, bagi saya kemampuan Andrea bukan-nya menurun tetapi malah semakin mengalir, meski dalam buku ini lebih terasa unsur getir dibanding hal2 lucu yang biasanya menjadi ciri khas Andrea. Meski Andrea masih sempat mengangkat pentingnya bentuk pantat sebagai pemain sepak bola.
Ceritanya sendiri berkisah tentang tiga remaja bersaudara yang pada masa penjajahan Belanda memainkan sepak bola secara cantik, namun saat itu siapapun yang menunjukkan superioritas dihadapan Belanda akan mengalami nasib malang. Pada saat itu hanya Belanda yang boleh menjadi juara, dan ini sepertinya merupakan bagian dari strategi penjajahan untuk melemahkan semangat juang. Ketika akhirnya salah anak2 tersebut memenangkan pertandingan final melawan Belanda, si bungsu yang mencetak gol satu2nya dan meneriakkan Indonesia berkali kali, dijemput oleh Belanda, dan kembali dengan tempurung lutut hancur.
Tokoh Aku dalam buku ini akhirnya tahu kenapa selama ini foto Ayah mengangkat piala selalu disembunyikan oleh orang tua-nya, karena tak ingin kepedihan di masa itu kembali dalam hidup mereka. Tokoh Aku akhirnya mencoba meneruskan cita2 Ayah menjadi pemain tim nasional PSSI, meski harus gugur di babak penyisihan tahap selanjutnya. Namun kegagalan tersebut berhasil ditebusnya dengan kaos Real Madrid yang ditanda tangani Luis Figo pemain favorit Ayah-nya, saat petualangan-nya ke Eropa.
Hemm, buku yang menarik, dan sangat layak koleksi sebagai bagian dari koleksi anda, meski covernya kurang cantik dan jomplang dengan cover2 lain dari buku karya Andrea.

No comments: