Monday, August 27, 2012

Dark History of US President - Michael Kerrigan

Tertarik dengan koleksi foto2 yang komprehensif dari buku ini, tanpa pikir panjang langsung saya beli, namun sayang-nya kualitas terjemahan-nya tidak mendukung, bahkan ada paragraf yang tercetak sampai dua kali. Sepertinya Elex Media harus lebih meningkatkan kualitas “proof reader” sehingga sampai di tangan pembaca dengan kualitas yang terjaga.

Untung saja secara fotografi, kualitas dan foto2 yang ditampilkan sangat membantu pemahaman kita mengenai topik2 yang dibahas. Ukuran fisik dari buku ini juga sedemikian rupa sehingga detail2 foto terlihat jelas seperti penggambaran George Washington dengan Freemason. Secara umum, Kerrigan menampilkan warna sebenarnya dari tokoh2 Presiden Amerika, yang membuka mata kita mengenai hal2 yang berada di balik yang terlihat.
Cukup mengaget kan betapa sebagian Presiden Amerika, adalah peselingkuh, pembohong, koruptor, maniak perang,  dan lain2. Menyedihkan juga sebenarnya melihat bahkan tokoh sekaliber Grant, pun tidak menunjukkan kualitas yang mumpuni meski sangat sukses dalam perang saudara. Jadi demokrasi tidak selalu menghasilkan orang yang terbaik, apalagi di Amerika dimana seorang Presiden membutuhkan dana yang luar biasa untuk bisa kampanye dan menang. Pada saat itulah lobi2 pebisnis memainkan peran-nya, dan akan meminta imbalan-nya pada saat Sang Presiden sudah menduduki tahta-nya. Tak aneh bila Clinton pernah mengatakan, bahwa orang keliru jika mengira Presiden Amerika adalah orang yang berkuasa, justru sebagian dari mereka seperti boneka dari tangan2 yang tak terlihat.
Saya tidak merekomendasikan buku ini jika yang anda inginkan adalah cerita yang detail dan sepenuhnya didukung fakta2 yang kuat, karena kebanyakan fakta disini terutama pada era2 awal, terkesan lebih seperti dugaan dibanding yang kenyataan. Namun jika anda tertarik dokumentasi foto-nya buku ini dapat memenuhi apa yang anda inginkan.

No comments: